TONGKRONGAN RUTIN JUM'AT MALAM

Spesial Buat Anak Gaul Desa Tolisu


Sekedar informasi untuk pemuda Desa Tolisu terutama yang sedang merantau menuntut ilmu maupun meraup rupiah, bahwa sejak bulan Januari Masjid At-Taqwa di Desa Tolisu Blok A terbuka untuk Mas-mas, Bapak-bapak, Kakek-kakek, Adik-adik, dan informasi terbaru yang saya dapatkan juga untuk akhwat yang ingin ikutan dan suka nongkrong. Masa sih? Emangnya ada acara apaan? Nongkrong kok di Masjid?

Bagi yang penasaran bisa datang langsung aja gan. Eh, tapi bisa juga cari tahu dengan baca tulisan ini sampe selesai. Hehehe...


Sekitar dua bulan yang lalu di Desa Tolisu ada yang namanya pengajian rutin setiap jum’at malam. Jamaahnya khusus untuk kaum adam. Ibu-ibu juga boleh yang penting nggak ngrumpi sendiri di luar yaaaa, hihihi. Hanya saja pengajian bapak-bapak ini nggak persis kayak Ibu-ibu yang membaca Al-Qur’an rame-rame gan. 


Namanya juga ngaji, selama ini selalu diartikan sebagai membaca Al-Qur’an doang. Padahal tuh kan bahasa Jawa yang diserap ke Bahasa Indonesia menjadi kaji. Ngaji tuh dah kata kerja gan, tapi mungkin dulu orang yang ngaji ama Wali Songo belum tuntas belajar Bahasa Jawa jadi saat Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, mereka bingung kasih istilah apa jadinya sekarang kita kenal dengan mengaji atau pengajian. Seharusnya kan jadi mengkaji yang nggak? Iya aja deh, kalau ada yang kurang setuju bisa komen di bawah gan. Insya’Allah di lain kesempatan kita bahas lebih lanjut. Karena dunia aja mengakui kalau Bahasa Jawa nih paling lengkap sedunia, mangkannya komputer aja pakai Java Script. Nggak selesai-selesai ntar pembahasannya. Meskipun kurang tepat, setidaknya ada hikmahnya gan, kita jadi tahu kalau dulu orang dari seluruh nusantara pada ngaji ama Wali Songo.


Jadi, pengajian Bapak-bapak ini agendanya mengkaji ilmu agama secara mendalam sampai dengan perbandingan agama. Misalnya semalam, mereka mengkaji tentang budaya tujuh bulanan (piton-piton), tingkepan, slametan, dst., yang ternyata itu semua tidak diperintahkan dalam islam gan. Justru dikupas secara tuntas dalam Kitab Suci Wedha. Yaaa, maklum, dulu-dulu-dulu sekali kan mayoritas penduduk Jawa awalnya beragama hindu. Setiap ayat yang menjelaskan itu ada dalam Wedha dan dijelaskan langsung oleh Sarjanawan Jurusan Agama Hindu yang alhamdulillah masuk Islam gan. Lebih lengkapnya tanyakan pada ahlinya aja deh. Karena kapasitas ane belum sampe kesitu. 


Jangan lupa yaaa, kalau pulang kampung nanti nongkrong bareng di Masjid At-Taqwa, Sholat Isya’ berjamaah sambung pengajian (pengkajian) hehe...






Komentar

Fatima Az zahra mengatakan…
Aku nongkrong di masjid spb ae lahm kalau ke tolisu kejauhan dari ombolu, hihi
Unknown mengatakan…
Anti sudah pulang ukh?